• benda-yang-tidak-boleh-masuk-microwave
Selasa 07 Agustus 2018

Benda yang tidak boleh masuk microwave

Microwave adalah salah satu alat elektronik yang membantu menghemat waktu memasak para ibu rumah tangga. Dengan adanya microwave tidak perlu repot untuk menghangatkan makanan. Akan tetapi memasukkan makanan atau wadah dengan jenis tertentu dalam microwave bisa membuat kesehatan anda bahaya. Dikarenakan wadah atau makanan yang terkandung memiliki bahan kimia yang berbahaya. Oleh karena ittu sangat penting mengetahui benda yang tidak boleh masuk ke dalam microwave.

Telur Rebus

Jika memasukkan telur rebus ke dalam microwave memasukkan telur rebus dalam microwave akan membuat microwave berantakan bahkan bisa saja tangan kamu terbakar. Suhu panas yang tinggi dalam microwave membuat uap pada telur, dimana tidak ruang untuk uap tersebut keluar sehingga menyebabkan telur meledak.

Daging

Memasukkan daging yang telah lama berada dalam freezer ke dalam microwave sangat tidak dianjurkan. Bagian tepi daging akan matang sedangkan bagian tengah daging masih mentah bahkan bisa saja masih membeku karena terlalu lama di dalam freezer. Hal ini dapat memicu tumbuhnya bakteri pada daging karena distribusi panas dari microwave tidak merata ke seluruh daging.

Box Makanan Metal

Logam, meskipun dalam ukuran yang sangat kecil , misalnya pada pegangan tidak boleh dimasukkan dalam microwave menyatu dengan logam bisa menyebabkan kebakaran.

Wadah Plastik

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Environmental Health Perspectives,  95 persen dari  450 produk plastik yang sudah di test ternyata memiliki kandungan bahan kimia serupa dengan esterogen ketika produk tersebut dimasukkan ke dalam microwave, mesin cuci, atau direndam dalam air. Kalau kamu ingin memanaskan gunakan piring khusus untuk microwave.

Wadah Sterofoam

Ketika berada dalam suhu yang panas terutama di dalam microwave sterofoam akan melepaskan bahan  kimia yang berbahaya bagi tubuh kita. Dari pada menggunakan sterofoam untuk menyimpan sisa makanan, lebih baik kita letakkan sisa makanan tersebut di piring kemuadian tutup dengan plastik pembukus khusus makanan untuk menjaga kehiginiesannya.