• apa-itu-alat-pengumpul-data-digital-dan-contohnya
Kamis 19 Juli 2018

Apa itu Alat pengumpul Data Digital dan Contohnya

Pengumpulan data adalah kegiatan yang bermula dari indifikasi kebutuhan informasi. Data sendiri merupakan catatan atas kumpulan fakta. Data bentuk jamak dari datum, berasal dari bahasa Latin yang berarti “sesuatu yang diberikan”.  Dari hasil pengukuran atau pengamatan suatu variabel yang bentuknya dapat berupa angka, kata-kata, atau citra(Wikipedia). Di era modern pengumpulan data mempunyai berbagai cara dan metode. Salah satu pengumpulan data yang paling mudah adalah pengumpulan data dengan alat, karena dengan alat pengumpulan data terasa lebih cepat dan tepat. Alat pengumpul data dapat berupa alat pengumpul data biasa dan digital.

Alat pengumpul data biasa adalah alat pengumpul data yang menggunakan cara umum untuk mengumpulkan data. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dapat melalui wawancara, angket,  observasi (pengamatan), tes dan sebagainya. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data diantaranya lembar kuesionar (angket), pedoman wawancara, kamera, dan sebagainya.  Cara ini biasa harus diolah lagi secara manual  untuk mendapatkan hasil yang akurat.

Alat pengumpul data digital adalah alat pengumpul data yang menggunakan teknologi digital untuk pengumpulan data dan dapat menyimpan data dalam bentuk digital di dalam bagian memori. Biasanya mengumpulkan data pemantauan seperti cuaca atau angin. Seperti recorder data logger.

 

Data logger biasanya mempunyai bentuk yang kecil, dapat digunakan dimana saja (bersifat portabel) dan menggunakan baterai sebagai sumber listriknya. Jika ingin digunakan secara terus-menerus, data logger dapat dihubungkan dengan sumber listrik dengan menggunakan kabel. Data logger dapat digunakan untuk mengumpulkan data dan mengolahnya kedalam bentuk log yang selanjutnya disimpan didalam memori dan dapat diambil sewaktu-waktu dengan menggunakan perangkat penghubung seperti USB atau Bluetooth. Data Logger mempunyai banyak bentuk dan spesifikasi tergantung kebutuhan. Selain untuk mengumpulkan data, Data Logger dapat digunakan untuk pengukuran. Berbagai jenis data yang dapat diukur dengan data logger adalah suhu, kelembaban, radiasi, cahaya, tekanan, posisi dan lainnya.