• tips-memilih-data-logger-dengan-benar-
Rabu 18 Juli 2018

Tips Memilih Data Logger dengan benar

Banyak sekali macam-macam Data Logger saat ini yang berada di pasaran indonesia karena Data Logger sangat diperlukan untuk keakuratan data, sehingga para konsumen ingin memiliki Data Logger yang terbagus agar dapat digunakan dengan maksimal. Oleh karena itu, memilih data logger harus memperhatikan beberapa faktor. Data Logger terpasang dengan aman, Data Logger harus memiliki pelindung dan harus tahan lama terhadap kerusakan oleh cuaca, kondisi kimia, dan satwa liar. Berikut adalah beberapa tips dan fitur yang anda dapat pertimbangkan dalam memilih Data Logger dengan akurat.

  1. Delayed Start

Terdapat fungsi Delayed Start. Apa fungsi dari delayed start, fungsi yang memungkinkan pengguna Data Logger mengatur opsi Logging dikenyamanan kantor, lab , atau lokasi lain di mana pengaturan kunci lebih mudah.  Dengan delayed start, pengguna tidak perlu membawa komputer di situs untuk menyebarkan hasil Data Logger.

  1. Training Berkualitas

Training di sini yang dimaksud adalah Kalibrasi (proses pengecekan dan pengaturan akurasi dari alat ukur dengan cara membandingkannya dengan standar/tolak ukur). Misalnya, pengguna baru dapat meluncurkan water level dan data logger suhu dalam tangki ikan. Mereka juga dapat berlatih mengunduh data di lab.banyak vendor menyediakan pelatihan online untuk pengguna baru.

  1. Cek Konsistensi-Data

Sebelum menginstal beberapa Data Logger dari jenis yang sama, gunakan Data Logger untuk memulai melakukan penginstalan dan pengambilan data logger bersamaan dalam satu area. Biarkan para data logger beroperasi selama 24 jam untuk memeriksa data mereka untuk konsistensi. Jika ditemukan tidak ada konsistensi, ganti data logger tersebut.

Dan sebaliknya, jika beberapa Data Logger dari jenis yang sama telah dikerahkan, jangan langsung mematikan data logger di satu tempat dan biarkan mereka beroperasi selama 24 jam penuh. Kemdia periksa data dan hapus data yang tidak konsisten. Jika data tidak yang konsisten, gunakan data yang diperoleh oleh Data Logger tadi untuk menghitung faktor koreksi untuk Data Loger yang menyimpang.

  1. Pelindung Produk dan Aksesori pada Data Logger

Data Logger sering menawarkan aksesoris untuk memastikan perangkat aman di setiap iklim dan kondisi cuaca. Berikut contohnya :

  • Ketika meggunakan Data Logger dengan komunikasi optik, seperti HOBO Water Temp Pro v2 dari Onset, tutup opsional ditawarkan untuk menutup jendela komunikasi untuk mencegah penumpukan residu yang dapat mempengaruhi komunikasi
  • Terdapat produk yang meminimalkan penyerapan radiasi matahari yaitu seperti Data Logger TidbiT®
  • Pelindung Data Logger yang tersedia untuk melindungi Data Logger sementara masih memungkinkan akses mudah ke Data Logger untuk pemuatan data