• air-quality-monitoring
Rabu 11 Juli 2018

Air Quality Monitoring

Apakah kalian sadar setiap hari kita selalu dikelilingi zat berbahaya yang bernama “polusi”. Polusi adalah zat yang mengkontaminasi udara, terlepas dari di dalam ruangan atau di luar ruangan.  Perubahan fisik, biologis atau kimia pada udara dapat disebut polusi (gas berbahaya, debu, asap) yang masuk ke atmosfer dan makhluk hidup sulit untuk bertahan hidup. Polusi udara dapat menimbulkan gangguan kesehatan seperti:

  • Peningkatan gejala ganngguan pernapasan : iritasi sakuran napas, batuk – batuk atau sulit bernapas.
  • Fungsi paru – paru menurun.
  • Memperburuk penyakit asma.
  • Meningkatkan terjadi penyakit pernapasan yang kronis pada anak – anak.
  • Kematian dini pada orang dengan penyakit jantung atau penyakit paru – paru, termasuk kematian kanker paru – paru.

Bahkan anda dapat terkena penyakit jika terlalu lama di tempat  yang polusinya tinggi seperti:

  • Batuk.
  • Dada terasa sesak.
  • Susah bernapas atau sesak.
  • Iritasi pada mata.

 

Menurut EPA(Environmental Protection Agency), bisa disebut Badan Perlindungan Lingkungan yang bertugas melindungi kesehatan manusia dan lingkungan dengan merumuskan dan menerapkan peraturan berdasarkan undang-undang yang disahkan oleh Kongres.

  Menurut EPA, polusi udara dalam ruangan menempati peringkat di antara lima risiko lingkungan atas untuk kesehatan masyarakat, menggaris bawahi kebutuhan untuk menjaga kualitas udara dalam ruangan yang memadai di gedung-gedung. Kualitas udara dalam ruangan dapat dikompromikan oleh berbagai faktor termasuk asap, kontaminan mikroba, senyawa organik yang mudah menguap, dan gas seperti karbon monoksida, karbon dioksida, dan radon. Selain itu, kelembaban dapat meningkatkan biaya pemanasan dan pendinginan, merusak komponen bangunan, dan mendukung pertumbuhan jamur dan bakteri, berkontribusi terhadap alergi dan masalah pernapasan.

Air Quality Monitoring , alat khusus yang dirancang untuk mengukur atau memonitor kualitas udara yang sangat dibutuhkan tidak hanya di lingkungan perindustrian namun dapat diaplikasan di lingkungan yang umum.  Dengan Air Quality Monitor  ini anda dapat mendeteksi udara yang dipengaruhi oleh gas(termasuk karbon monoksida, radon, senyawa organik yang mudah menguap), partikulat, kontaminan mikroba (jamur, bakteri) yang dapat menimbulkan kondisi yang merugikan kesehatan organ pernapasan sehingga kita dapat mencegah polusi di udara yang dapat merugikan diri kita sendiri maupun di perindustrian.

Semoga dengan alat Air Quality Monitor  kita dapat menjaga lingkungan udara sekitar dan semakin sadar bahwa menjaga lingkungan itu penting.